Oxygen , gas

Nitrogen tidak berbau dan tidak berwarna. Udara mengandung 78 % Nitrogen. Nitrogen tidak menopang kehidupan, Nitrogen tidak beracun. Nitrogen tidak mudah terbakar dan tidak memperbesar pembakaran

Bila nitrogen menggantikan oksigen di udara dapat menyebabkan sesak napas : udara yang mengandung oksigen kurang dari 16% sangat berbahaya.

Nitrogen cair banyak digunakan sebagai sumber pendingin dan dengan demikian mempunyai peranan dalam akumulator pendingin.


SPESIFIKASI
Oksigen > 99,5%
Nitrogen & Argon < 0,5%
Kelembaban < 100 ppm
pada tekanan silinder terisi penuh

DATA FISIK
Simbol Kimia O 2
Titik Didih -183 ° C
Berat Jenis Relatif (Udara = 1) 1,105
Berat Molekul 32,0
Tidak terbakar tidak terbakar
Suhu kritis -118,8 ° C
Berat Jenis Gas (@101,3 kPa & 15 o C) 1,35 kg/m 3
Daya larut dalam air (@101,3 kPa & 20 o C) 0,032 cm 3 /cm 3
Isi spesifik (@101,3 kPa & 15oC) 0,738 m 3 /kg

SIFAT - SIFAT
Oksigen adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak mempunyai rasa. Udara mengandung 21% Oksigen. Oksigen membantu pembakaran dan menopang kehidupan. Oksigen berkonsentrasi tinggi akan mengaktifkan pembakaran, menyebabkan suhu naik atau bahkan meledak. Fenomena ini terlihat pada oksigen dengan konsentrasi 23% dan menjadi lebih terlihat bila konsentrasi oksigen secara progresif bertambah.


PENGGUNAAN

Oksigen digunakan untuk menopang kehidupan, memperbesar pembakaran, digunakan untuk pembuatan baja dan pada saat dicampur dengan bahan bakar, digunakan untuk pengelasan, pemotongan, pemanasan dan penyepuhan.

Juga digunakan untuk membuat metanol, etilin oksida, titanium dioksida dan untuk memperkaya udara tungku untuk pencairan tembaga, seng, dan sebagainya .
Di pabrik kertas oksigen digunakan untuk memutihkan pulp, oksidasi dari cairan limbah pekat dan pemurnian limbah

BAHAYA-BAHAYA
Oksigen secara terus-menerus akan memperbesar pembakaran bermacam-macam material yang biasanya tidak terbakar di udara. Suhunya sangat rendah (-183 ° C)

PENANGANAN DAN PENYIMPANAN SILINDER
Simpanlah silinder secara vertikal di tempat yang sejuk dan berventilasi, jauh dari sumber-sumber panas atau material yang mudah terbakar. Lindungi silinder, terutama bagian krannya, dari kerusakan fisik, baik dalam keadaan penuh maupun kosong. Jangan biarkan bagian manapun dari silinder itu terkena panas di atas 55 ° C. Periksa apakah silinder-silinder berlabel . Jaga agar outlet dari silinder yang terisi penuh terpasang pada tempatnya. Tutuplah kran jika silinder dalam keadaan kosong.

KEBOCORAN SILINDER
Pindahkan ketempat yang berventilasi baik. Hentikan kebocoran bila memungkinkan. Kosongkan tempat jauh-jauh dari arah pergerakan gas. Bila kebocoran tidak dapat dihentikan, pindahkan silinder ketmepat yangaman dan biarkan sampai menjadi kosong.

KETAHANAN MATERIAL
Peralatan yang digunakan untuk menangani oksigen harus terbuat dari material yang sesuai untuk bekerja pada tekanan dan suhu rendah. Tembaga, kuningan dan steinless steel adalah metal yang biasa dipergunakan. Hindarkan dari minyak dan gemuk.

PENCEGAHAN SEBELUM DIGUNAKAN
Silinder atau krannya tidak boleh terkena gemuk atau minyak. Tutuplah kran silinder bila tidak dipergunakan. Selalu pergunakan regulator untuk pemakaian sistem. Silinder tidak boleh tertindih. Buka/tutup kran silinder perlahan-lahan. Jangan merokok atau melaksanakan pekerjaan yang berhubungan dengan panas di lingkungan yang kaya oksigen.

PERLINDUNGAN PRIBADI

Orang-orang yang secara teratur berhubungan dengan pemindahan silinder Oksigen harus dilengkapi dengan :

  • sepatu safety
  • sarung tangan kulit atau PVC
  • Pakaian kerja dan kacamata pengaman juga dianjurkan

 

KEBAKARAN

Oksigen tidak mudah terbakar tetapi secara aktif memperbesar pembakaran.

  • Putuskan supplai oksigen bila aman untuk melakukannya.
  • Hubungi pemadam kebakaran.
  • Dinginkan silinder dengan air yang diambil dari tempat yang terlindungi.
  • Jangan mendekati silinder yang diperkirakan panas.
  • Pindahkan silinder yang dingin dari jangkauan api.
  • Jika tidak dapat menjaga silinder-silinder tetap dingin, kosongkan tempat silinder tersebut.

PERTOLONGAN PERTAMA

Bila korban sadar :

  1. Pindahkan ke daerah yang tidak terkontaminasi agar dapat menghirup udara segar
  2. Jaga agar tetap hangat dan tenang
  3. Hubungi dokter

Bila korban tidak sadar :

  1. Pindahkan ke daerah yang tidak terkontaminasi dan berikan bantuan pernafasan
  2. Bila telah dapat bernafas kembali, lakukan seperti di atas. Tindakan lanjutan harus dilihat dari gejala dan pendukungnya
N.B :
pertolongan medis yang cepat merupakan suatu keharusan dalam semua kasus kecelakaan karena oksigen. Regu penyelamat harus mengetahui bahaya kebakaran yang hebat bila berhubungan dengan lingkungan yang banyak mengandung oksigen.

PERTOLONGAN PERTAMA

Informasi, rekomendasi dan data yang ada di lembaran ini bertujuan untuk memberikan petunjuk dasar kepada pengguna gas-gas PT. Surya Biru Murni Acetylene demi keselamatan pengguna dalam menangani dan menggunakan gas LPG.

Material Safety Data Sheet (MSDS) untuk gas LPG yang dikirim PT. Surya Biru Murni Acetylene juga tersedia. Ini sangatlah penting demi keselamatan penggunaan gas-gas tersebut agar orang-orang yang menangani gas tersebut terlatih dengan baik dan benar-benar mengerti kemungkinan bahaya-bahaya yang dapat terjadi.

Informasi dan saran lebih lanjut mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penanganan atau penggunaan yang aman dari produk-produk ini dapat diperoleh di kantor-kantor PT. Surya Biru Murni Acetylene terdekat.



Contact Person for Emergency : Bpk. Efendi
PT.Surya Biru Murni Acetylene - Pabrik
Phone : ( 0542 ) 743555
HP : 0811 54 0200